The Pale Blue Dot


image

Dalam citra hasil jepretan Cassini yang belum dikalibrasi, Bumi tampak sebagai titik berwarna perak dan cemerlang.Bulan berada di bawah Bumi dalam citra tersebut, tampak sebagai lingkaran yang lebih kecil. Apa yang bisa direnungkan manusia saat melihat wajah Bumi dari Saturnus itu? Kiranya, refleksi astronom ternama Carl Sagan (1934-1996) dalam buku Pale Blue Dot: A Vision of the Human Future in Space masih relevan.

Sagan menulis refleksi itu setelah melihat wajah Bumi berupa titik biru pucat (Pale Blue Dot) yang diambil wahana Voyager 1 pada tahun 1990, citra pertama Bumi yang diambil dari bagian luar tata surya. Berikut refleksi Sagan.

” Dari titik yang sangat jauh ini,Bumi mungkin tidak menarik. Namun, bagi kita, Bumi berbeda. Renungkanlah lagi titik itu. Di sinilah titik itu. Itulah rumah. Itulah kita. Di atasnya, semua orang yang kamu cintai, semua orang yang kamu kenal, semua orang yang kamu pernah dengar, semua manusia yang pernah ada, menghabiskan hidup mereka. Segenap kebahagiaan dan penderitaan kita, Ribuan agama, ideologi dan doktrin ekonomi, setiap pemburu dan pengumpul, setiap pahlawan dan pengecut, setiap pendiri dan penghancur peradaban, setiap raja dan petani, semua pasangan anak muda yang sedang jatuh cinta, setiap ibu, ayah, dan anak-anak punya harapan besar, penemu dan petualang, setiap guru moral, semua politisi yang korup, setiap bintang besar, setiap pemimpin besar, setiap orang suci dan pendosa dalam sejarah hidup species kita hidup di sana, di atas setitik debu, melayang di dalam pancaran cahaya Matahari. Bumi hanyalah panggung kecil di area kosmos yang luas. Pikirkan tentang sungai darah yang tumpah oleh jenderal dan raja-raja sehingga dalam keagungan dan kemenangan itu dapat menjadi bagian kecil dari sebuah titik. Pikirkan kekejaman yang dilakukan oleh penghuni dari salah satu sudut dari piksel ini kepada penghuni dari sudut lain yang sulit dibedakan dalam citra ini. Betapa sering kesalahpahaman terjadi, betapa tega mereka membunuh satu sama lain, betapa dalam kebencian mereka. Sikap kita, kesombongan kita, khayalan bahwa kita memiliki keistimewaan di semesta ditantang oleh titik pucat ini. Planet kita adalah sebuah titik kesepian yang dibalut oleh kosmos yang gelap. Dalam ketidakjelasan kita, dalam keluasan ini, tak ada tanda bahwa bantuan akan datang dari luar untuk menyelamatkan kita dari kita sendiri. Bumi adalah satu-satunya dunia, sejauh ini, yang memiliki kehidupan. Tak ada tempat lain, paling tidak dalam waktu dekat, bagi species kita bisa bermigrasi. Berkunjung, ya. Tapi tinggal, belum. Suka atau tidak, untuk saat ini Bumi adalah tempat kita berdiri. Telah lama dikatakan bahwa astronomi rendah hati dan memberikan pengalaman membangun karakter. Mungkin tak ada demonstrasi yang lebih baik tentang kebodohan kesombongan kita selain gambar ini. Bagi saya, ini menggarisbawahi tanggung jawab kita untuk bersikap baik pada orang lain serta melestarikan dan menghargai titik biru pucat, satu satunya rumah yang kita tahu.”

Dari artikel diatasi seperti yang dimuat Kompas. com, aku merasa tersentak bahwa astronomi mempunyai nilai theology dan psikologi yang sangat kuat. Tokoh – tokoh dari para astronom ini ternyata mempunyai jalan pikiran yang sangat bijaksana dan rendah hati walaupun menjurus ke Atheism. Bahwa kita hanyalah bagian kecil dari triliunan Kosmos, atau bisa juga benda langit Ciptaan Tuhan, seharusnya kita manusia di Bumi berpikir dibalik kerja keras kita untuk bertahan hidup di Bumi ini, bahkan sampai melakukan tindakan yang ekstrem seperti yang di muat oleh Carl Sagan di atas, itu hanyalah setitik kecil dari Kosmos, yang akan dilupakan oleh waktu. Alangkah indah dan damainya Bumi kita manakala manusia menyadari hal itu, tapi sungguh itulah yang terjadi, Kita terlalu dibutakan oleh nafsu-nafsu keduniawian atau kebumian, padahal kita Hidup di Bumi ini hanya maksimal 70 tahunan…

Saatnya berburu buku “The Pale Blue Dot” nih,  ke Gramedia atau Periplus ya????

Liburan ala Backpacker yang Gagal


image

Bulan September sudah kurencanakan buat liburan ke Bandung ala Backpacker. Waktu masih kerja di Bandung, aku sering naik kereta ekonomi Pasundan atau Kahuripan jurusan Jogja-Bandung dengan harga tiketnya Rp.38.000, murah kan:-) eitts…. Ada plus2nya lho…. Plus full musik, (mulai dari mas2,bapak2,emak2,anak2 sampai Benciz2 genit yg Awer… Awer.. Awer) . Plus yang kedua, gak bakalan takut kelaparan karena pedagang hilir mudik menjual dr nasi bungkus, nasi ayam, nasi dah jadi bubur, gorengan, Mijon, Aku-A, coppemix, pupmie, etc. Plus yang ketiga Mendukung penurunan berat badan karena seperti di sauna apalagi kalau perjalanan siang hari, plus selanjutnya adalah extra perfume… Minyak angin, minyak senyongnyong, balsam, aromatherapy… Sampai aroma terasi jg ada😉
Singkat kata bagi orang yang gemar berpetualang, pengalaman naik kereta ekonomi tak akan terlupakan sepanjang masa. Apalagi dengan posisi tempat duduk yang berhadap2an pasti membuat kita cukup berinteraksi dengan orang disekitar kita.
Nah, yang jadi masalah di tahun 2013 agustus ini kurs rupiah kan melemah banget terhadap dollars… Maka alangkah kagetnya aku waktu mo beli tiket kereta jurusan Jogjakarta – Bandung kok tarif ekonomi sekarang “Rp. 100.000” , bisnis 250 ribuan executive hampir 300 ribu, ada apa ini… Buyar deh impianku naik kereta ekonomi yang benar2 ekonomi.
Berhubung sudah dapat cuti 4 hari, dengan berat hati aku alihkan dana buat liburan ke rencana kursus menjahit di Bantul ini. Semoga bermanfaat menghilangkan stress dan berguna mengatasi depresi.
Salam Ekonomi!!!! ^_^

Joko Widodo


Tahu gak sapa tokoh idolaku saat ini???? yup… Dia adalah bapak Joko Widodo, pribadi yang sederhana tapi menyimpan kemampuan memimpin yang luar biasa, dan kali ini aku memposting Daftar Riwayat Hidup beliau (duuuh… Macam mo melamar pekerjaan saja). Berikut rangkumannya dikutip dari tabloidnova.com
image

Jokowi lahir dari keluarga miskin yang tinggal di daerah bantaran kali yang kumuh di Surakarta, Jawa Tengah. Anak pertama dari empat bersaudara ini lahir dari keluarga penjual kayu, pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi . Semasa kecil ia bersekolah di SD 111 Tirtoyoso Solo, dan melanjutkan ke SMP N 1 di kota yang sama. Selepas SMP, Jokowi bersekolah di SMA 6 Solo. Sebagai keluarga penjual kayu, Joko kecil tumbuh sebagai anak yang terbiasa hidup susah. Kadang sulit makan dan membayar sekolah adalah salah satunya. Meski begitu ia dikenal sebagai anak yang tidak nakal, walau begitu ia sangat suka main seperti anak-anak lain pada umumnya. Kegiatan yang sering ia lakukan semasa kecil adalah memancing ikan, main layang-layang, dan bermain sepakbola. Ada cerita unik yang dilakukannya ketika kecil yaitu dirinya suka sekali mandi di sungai di belakang rumahnya sambil mencari telur bebek di dekat sungai. Joko Widodo adalah anak laki laki pertama di dalam keluarga, tak heran bila ia menjadi penjaga bagi tiga adik perempuannya. Karena paling besar, ia sering membantu sang ibu mengasuh adik-adiknya. Kadang mengantar mereka ke sekolah, atau membantu para adik membereskan pekerjaan rumah. Bahkan ketika adik adiknya beranjak besar, saat ada masalah dengan pacarnya, dirinya turut membantu menyelesaikan masalah tersebut. Meski begitu, pria asli Solo ini tetap memiliki prestasi luar biasa di kelasnya. Padahal ia sendiri mengaku tak begitu rajin belajar, karena dahulu ia sering membantu orangtuanya seperti menagih pembayaran kepada pelanggan kayu atau menaikkan kayu yang sudah dibeli orang ke atas gerobak atau becak. Lulus SMA, Joko hijrah ke Yogyakarta untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang sarjana. Universitas Gajah mada (UGM) jurusan Teknologi Kayu menjadi pilihannya untuk belajar. Jurusan itu ia ambil karena ingin mewujudkan cita-citanya menjadi tukang kayu. Selama kuliah, ia ngekos di Yogya. Seminggu atau sebulan sekali ia pulang ke Solo naik bus. Meski baru tingkat satu, Joko telah menemukan tambatan hati. Gadis cantik nan sederhana yang bernama Iriana menjadi kekasihnya. Dia adalah teman adiknya yang sering main ke rumahnya. Bahkan sejak kenal dengan gadis itu, Joko tak pernah pindah ke lain hati sampai memutuskan menikah pada 24 Desember 1986. Setelah selesai kuliah,Joko bekerja di sebuah BUMN di Aceh. Tak berapa lama tepatnya hanya 1,5 tahun, ia memutuskan untuk kembali ke Solo merintis bisnis mebel dengan modal minus. Jatuh bangun dalam mengembangkan bisnis mebelnya menjadi cerita tersendiri bagi Joko Widodo. Dan mebel pertama yang dibuatnya adalah bedroom set. Dulu ia hanya menjualnya di daerah Solo saja, tapi setelah tiga tahun ia mampu menjualnya hingga ke luar negeri.
(Sumber : tabloidnova.com)

Boom.


King of States!

“You Don’t Have to Be Pretty. You don’t owe prettiness to anyone. Not to your boyfriend/spouse/partner, not to your co-workers, especially not to random men on the street. You don’t owe it to your mother, you don’t owe it to your children, you don’t owe it to civilization in general. Prettiness is not a rent you pay for occupying a space marked “female”.”

Diana Vreeland

View original post

Daftar Pertanyaan yang Aku Benci (sebagai wanita lajang)


WANITA-LAJANG(hubpages)-dalam

di usiaku yang sudah 32 tahun ini ada hal -hal dan reaksi soial yang membuatku makin down dan memble .Berikut daftarnya… kira2 ada 20an :

1. “Apa kamu tidak tertarik dengan pernikahan ?”
2. “Ya, kamu hidup untuk pekerjaanmu. Saya mengerti.”
3. “Apa kamu tidak punya seseorang yang istimewa dalam hidup?”
4. “Tampaknya kamu tidak tertarik untuk menjalin kasih.”
5. “Kamu perlu lebih giat mencari pasangan.”
6. “Kalau kamu mengejar kesuksesan hidup, akan susah mendapat pria.”
7. “Kamu harus segera berkencan!”
8. “Oh Maaf kita bicara soal pernikahan, kamu pasti tidak paham.”
9. “Makanya, cepat punya anak sendiri.”
10. “Kamu terlalu banyak habiskan waktu sendirian.”
11. “Memangnya habiskan waktu sendirian menyenangkan ya?”
12. “Kenapa kamu belum punya pacar ?”
13. “Apa tidak ada pria yang kamu suka di kantor ?”
14. “Kenapa tidak minta dijodohkan saja dengan temanmu ?”
15. “Kamu hanya belum menemukan pria yang tepat.”
16. “Wow jadi kamu tidak masalah nonton dan jalan sendirian ?”
17. “Kapan kamu akan menikah?”
18. “Hati-hati, waktu berjalan sangat cepat.”
19. “Di luar sana banyak pria lajang loh.”
20. “Makanya jangan kerja terus.”

rasanya aku pengen teriaaaaaak…. aku juga gak mau seperti ini, tapi apa daya “AKU BELUM BERUNTUNG”.

Nilai kepercayaan diriku makin lama menurun ke level K. Semoga aku bisa segera keluar dari situasi hidup yang menyebalkan ini

Gadis Ini Turun 30 Kg dan Membagi Rahasia Suksesnya


gadis-ini-turun-30-kg-dan-membagi-rahasia-suksesnya

“Karena setiap perempuan berhak menjadi cantik. Kamu adalah penulis cerita hidupmu, entah akan berakhir bahagia atau tidak, sebesar apapun kamu menginginkannya. KAMU BISA MELAKUKANNYA “ . (Vemale.com)

Itulah sepenggal kalimat motivasi yang ditulis Laura Patricia di Facebook-nya. Laura adalah gadis dari Singapura yang berhasil menarik perhatian pengguna internet berkat foto-foto before after yang diposting. Ya, foto saat tubuhnya masih gemuk di tahun 2010 dan foto dirinya yang langsing di tahun 2012. Foto tersebut menjadi motivasi banyak orang, terutama wanita yang sedang berjuang menurunkan berat badannya, dilansir Yourhealth Asiaone.

Turunkan Berat Badan Karena Diejek

Laura yang lahir di Indonesia berhasil menurunkan berat badannya dari 80 kg menjadi 58 kg hanya dalam waktu 1 tahun 3 bulan. Dalam video yang diunggah di Youtube, Laura mengatakan bahwa dia selalu kelebihan berat badan di sepanjang hidupnya. Ejekan dan hinaan sudah sering dia terima dari teman-temannya.

Bajunya warna pink bikin dia kelihatan seperti babi,” atau “Bebek gemuk,” adalah beberapa ejekan yang diterima Laura. “Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan mengubah image tubuh saya, sehingga saya bisa membuat mereka (yang mengejek) untuk diam,” ujar Laura. “Jadi saya bekerja keras menghilangkan 30 kg dan mulai belajar untuk memakai makeup,”

Mengalami Anoreksia Tetapi Sudah Sehat

Saat pertama kali melakukan diet, Laura mengaku bahwa dia tidak melakukan diet sehat. Dia hanya makan satu kali sehari dan memaksa tubuhnya tidak makan apapun. Berat badannya memang turun dengan drastis, tetapi dia mengalami banyak masalah kesehatan karena nutrisi harian tidak terpenuhi. Laura mulai mengalami kerontokan rambut parah, payudara kendor, kulit bersisik, tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh bahkan berhenti menstruasi.

Berat badannya saat itu 48 kg, berat yang sebenarnya tidak sehat dan sangat kurus dibandingkan tinggi badan Laura. Pemeriksaan menyatakan Laura mengalami anoreksia dan harus menaikkan beberapa kilogram berat badan jika ingin sehat. Sekali lagi Laura berjuang untuk memberi tubuhnya makan dengan nutrisi yang sehat di bawah pengawasan dokter.

Akhirnya Laura menyadari bahwa cantik tidak sekedar kurus, tetapi sehat. Saat ini, berat badan Laura 58 kg, dengan latihan di gym dan nutrisi yang benar, tubuh Laura jauh lebih sehat dan tidak lagi mengalami masalah menstruasi dan kulit kendor.

Inilah rahasia diet sehat yang dilakukan Laura:

1. Sarapan Berat Tapi Rendah Kalori

Makan satu porsi nasi atau junk food adalah pilihan yang kurang baik untuk sarapan. Pilih menu seperti oatmeal, pisang, dan roti panggang.

2. Perbanyak Buah dan Sayur

Makan banyak sayur dan buah adalah pilihan yang tepat. Vitamin dan nutrisi alami yang dikandung sangat banyak, plus rendah kalori. Daripada ngemil snack ‘ringan’ yang justru mengandung setumpuk kalori, atau es krim dan cokelat yang tinggi gula, Laura lebih memilih buah segar. Hati-hati dengan durian karena tinggi gula dan kalori, juga anggur yang kaya gula.

3. Makan lebih banyak protein dibanding karbohidrat

Memangkas kalori bukan berarti tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, Anda tetap harus mengonsumsi karbohidrat kompleks yang membuat kenyang lebih lama, misalnya roti gandum, beras merah atau madu sebagai pengganti gula putih.

Untuk asupan protein, perbanyak, apalagi jika Anda melakukan olahraga dan latihan pembentukan tubuh. Laura lebih suka makanan Indonesia seperti tahu, tempe, olahan kedelai, telur dan dada ayam tanpa lemak.

4. Tidak Boleh Fast Food SAMA SEKALI

Jika Anda memangkas fast food dan camilan (termasuk gorengan), Anda akan mendapatkan berat badan sehat dan ideal, itulah pesan Laura.

5. Minum Lebih Banyak Air

Air mineral atau air putih membat Anda kenyang lebih lama dan melancarkan metabolisme tubuh.

6. Buat Catatan Kalori Harian

Banyak orang tidak sadar atau lupa bahwa dia mengonsumsi berapa kalori dalam sehari. Biasanya mereka hanya ingat menu makanan berat dan melupakan camilan serta minuman manis yang justru mengandung banyak kalori. Laura menyarankan Anda meng-instal MyFitnessPal bagi pengguna iPhone, Android atau Blackberry untuk memudahkan penghitungan kalori.

7. Baca Label Makanan

Selalu baca tabel makanan atau tabel nutrisi sebuah produk supaya Anda tahu berapa jumlah kalorinya.

8. Lakukan Gaya Hidup Sehat

Hindari kebiasaan mengonsumsi obat pelangsing atau produk diet. Anda bisa menggunakan pengaturan pola makan yang lebih sehat untuk mendapatkan berat badan ideal. Jika Anda ingin hasil jangka panjang, berjuanglah memberi nutrisi tepat pada tubuh setiap hari.

Laura tidak melarang dirinya menikmati beberapa makanan manis, tetapi dia hanya makan sedikit, tidak dalam porsi besar atau gila-gilaan. Bila ada masalah, ceritakan dalam bentuk tulisan atau bicaralah dengan seseorang, jangan dilampiaskan dengan makan.

Jangan lupa untuk berolahraga, menghindari rokok dan mulailah gaya hidup sehat. Jika bukan Anda yang memulainya, maka hidup dan tubuh Anda tidak akan berubah.

Jika Laura berhasil mendapatkan bentuk tubuh ideal, AKU juga pasti bisa!

Pesan Putus Asa Seorang Ibu untuk Putrinya yang Tewas di Mesir


image

KAIRO, KOMPAS.COM – “Di sini sangat dingin dan saya menggigil”! Itulah pesan terakhir Habiba Ahmed Abd Elaziz, reporter surat kabar mingguan Xpress yang berbasis Uni Emirat Arab kepada ibunya dari Kairo pada Rabu (14/8) pagi. Habiba merupakan salah satu dari sedikitnya 280 orang tewas, berdasarkan laporan terakhir, dalam bentrokan antara massa pendukung Presiden Mesir, Muhammad Mursi, yang terguling dengan pasukan keamanan kemarin. Habiba dan ibunya, Sabreen Mangoud, bertukar pesan teks bernada kecemasan pada Rabu pagi ketika pasukan keamanan Mesir bergerak maju dan memblokir jalan-jalan yang mengarah ke perkemahan para pengunjuk rasa di Kairo. Sang ibu, yang di tinggal di Sharjah, sebuah emirat di Uni Emirat Arab, kemudian menyebar pertukaran pesan teks mereka dalam posting -annya di Facebook yang kemudian dikutip harian The National.
Pukul 06.19
Ibu : Habiba, apa yang terjadi di sana? Saya pergi tidur pukul 01.30, itu berarti pukul 11.30 di tempatmu. Apa yang terjadi dengan serangan itu? Ceritakan padaku.
Habiba: Tentara dan polisi memang bergerak di sekitar gerbang. Media center berubah menjadi sebuah rumah sakit lapangan dan alun-alun dalam siaga tinggi.
Ibu : Kamu di mana?
Habiba: Hanya wartawan yang diizinkan tetap berada di dalam gedung. Saya harus meliput monumen itu kalau pertempuran dimulai.
Ibu : Monumen itu agak jauh dari Rabia.
Habiba: Pasukan keamanan ada di setiap gerbang sekarang. Saya di media center. Itu sama sekali tidak jauh, dan pintu besar dan dapat ditembus dengan mudah.
Ibu : Apakah ada banyak pasukan polisi dan
tentara?
Habiba: Ya, tapi gerakan mereka juga bisa hanya taktik “perang urat saraf”.
Ibu : Bagaimana kamu akan pergi kemonumen?
Habiba: Saya akan berjalan seperti orang-orang lain, atau lari. Itu tergantung situasi.
Ibu : Tuhan tolong kami.”
Pukul 07:33
Ibu : Apa ada yang baru?
Habiba: Para wartawan asing baru saja ke (pergi) pusat.
Ibu : Maksud saya apa yang baru dengan orang banyak itu? Bagaimana kabarmu?
Habiba: Saya meminum tiga jenis obat. Di sini sangat dingin dan saya menggigil.   Massa luar biasa banyak waspada tinggi. Doakanlah kami, ibu.
Ibu : Tuhan, semoga kami teguh dan beri kami kekuatan. Saya menyerahkan kamu kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Habiba: Saya sedang menuju ke platform dalam beberapa saat. Ada tank di sana.
Itulah pesan terakhirnya. Habibi, 26 tahun, tewas ketika pasukan keamanan menyerbu perkemahan Rabaa al Adawiya yang penuh dengan pendukung
Muhamad Mursi.

Tidak jelas siapa yang menembakkan peluru dalam bentrokan antara kedua belah pihak itu. CNN memastikan keaslian pesan teks yang dramatis itu setelah CNN mengonfirmasinya ke adik Elaziz, Arwa Ramadhan. Habiba berada di Mesir, negara asalnya dalam kapasitas pribadi pribadi, setelah merayakan libur lebaran. Dia sedang membantu orang-orang yang terluka di perkemahan itu, kata Ramadhan.
Elaziz bergabung dengan Xpress sebagai karyawan magang pada September 2011 dankemudian mengambil posisi karyawan penuh, lapor The Gulf News yang berbasis di Dubai. “Sulit untuk percaya bahwa dia telah meninggal,” kata Wakil Editor Xpress, Mazha Farooqui. “Dia sangat menyukai pekerjaannya dan memiliki karir yangmenjanjikan.”
Tanpa mengetahui apa yang telah terjadi, sang ibu, yang tinggal di Sharjah, mengirim pesan doa kepada putrinya dan menulis pesan dukungan bagi para pengunjuk rasa di Mesir.
Ibu : Tuhan beri kami keteguhan. Tuhan anugerahi kami kemenangan. Ini adalah apa yang saya tulis pada halaman saya: Tuhan, saya mempercayakan kepada-Mu semua saudara-saudaraku, putra dan putriku di Rabia dan Al Nahda, dan semua orang yang melakukan protes di seluruh Mesir. Tuhan saya mempercayakan kepada-Mu suami saya dan anak saya Ahmed Habiba. Semoga kami tidak berduka atas salah satu dari mereka. Tuhan berdayakan mereka dan dukung mereka dan jaga mereka tetap teguh pada momen pertemuan hari ini.
Pukul 12:46
Ibu : Habiba, tolong tentramkan hati saya. Saya telah menelpon ribuan kali. Tolong, sayang, saya khawatir. Ceritakan bagaimana kabar kamu.
Sang ibu menelepon ke telepon Elaziz sekitar tengah hari itu. Seseorang akhirnya mengangkat telepon itu dan mengatakan bahwa wartawan muda muda tersebut telah tewas. Sang ibu yang berduka dijadwalkan tiba di Mesir
pada Rabu malam.