Menjaga Orangtua Itu Berkat Bukan Beban

http://www.dayswithmyfather.com/

Menghormati orangtua adalah satu-satunya perintah di dalam Alkitab yang menjanjikan umur panjang sebagai hadiah (Efesus 6: 1-3). Salah satu bentuk bakti dan penghormatan kita terhadap orangtua adalah dengan menjaga dan mendampingi masa tua mereka. Berikut beberapa tips untuk para single agar tanggung jawab menjaga orang tua menjadi tugas yang menyenangkan :

Terima Perubahan Mereka

Pertambahan usia orangtua akan diiringi dengan berbagai perubahan baik fisik, maupun psikologis. Secara fisik, tentu mereka sudah bukan orang-orang kuat seperti dulu, akan banyak kemunduran dalam hal tenaga, daya tahan maupun daya ingat mereka. Selain Perubahan fisik, perubahan psikologis pasti terjadi. Ada banyak orang yang masuk usia lanjut menjadi pribadi yang lebih sensitif atau bahkan mungkin bersikap kekanak-kanakan.

Hal-hal seperti inilah yang harus kita pahami, kita tidak boleh menuntut mereka menjadi seperti mereka ketika masih muda. Sebaliknya, kita yang harus berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan mereka saat ini.

Hindari Miskom, Lepaskan Pengampunan

Perbedaan generasi antara orang muda dan orangtua, sikap orangtua yang berubah menjadi kekanak-kanakan, ekspresi orangtua yang kadang sulit diterjemahkan, dan lain sebagainya adalah contoh hal-hal yang sangat rawan untuk terjadi miskomunikasi yang berujung pertengkaran.

Hal ini harus kita sikapi dengan bijaksana, caranya adalah dengan melepaskan pengampunan. Seperti apa yang Alkitab katakan, janganlah simpan amarahmu terlalu lama agar jangan sampai hal ini menjadi akar pahit. Komunikasikan segala sesuatu sesuai porsinya.

Cerdik Membagi Waktu

Tuntutan pekerjaan dan kebutuhan sosialisasi kita dengan orang lain, membuat kita tidak bisa memberikan seluruh waktu kita untuk menjaga orangtua. Karena itu kita harus bisa bijaksana dalam membagi waktu termasuk memberikan prioritas. Orangtua membutuhkan teman bicara, jika kita tidak bisa selalu bersama mereka, mintalah bantuan keluarga atau kerabat untuk mencukupi kebutuhan orangtua kita ini.

Panti Jompo Bukan Jawaban

Tempat terbaik untuk orangtua menjalani hari tua mereka adalah keluarga. Karena itu sangat tidak disarankan untuk memasukan orangtua ke panti jompo, hal ini akan membuat mereka merasa terbuang dan akan buruk bagi kondisi kesehatan mereka.

Tingkatkan Pengetahuan

Pengetahuan kita tentang kesehatan orangtua sangatlah terbatas, untuk itu kita harus terus meningkatkan pengetahuan tersebut lewat berkonsultasi dengan ahli seperti dokter, ataupun membaca buku. Kita perlu mengetahui apa yang baik dan tidak untuk kesehatan orangtua, meliputi makanan, jenis olahraga, maupun hal-hal lainnya yang akan menunjang kesehatan mereka.

Tumbuhkan Iman Orangtua

Tidak semua orangtua dewasa dalam imannya. Dengan membiasakan untuk memiliki saat teduh dan waktu berdoa bersama, kita telah membantu mereka untuk lebih dekat dengan Tuhan.

credit : jawaban.com

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s